Laman

Rabu, 02 September 2015

Kota Blitarku

BUDAYA, MAKANAN, DAN CIRI KHAS KOTA BLITAR
Hey teman-teman, ladies and gentleman. hari ini saya akan membahas soal Budaya, Makanan, Ciri khas Kota Blitar. Siapa sih yang gak kenal kota blitar ?, pasti nya kan gak mungkin lupa dengan yang nama nya Blitar. gak usah basa-basi lagi mari kita lihat apa apa saja yang ada di Kota Blitar ini.



WAYANG ORANG 

Di blitar banyak sekali seniman-seniman wayang orang, baik yang sudah tua maupun yang masih muda, biasa nya setiap malam minggu selalu di adakan pagelaran wayang orang di sebuah gedung di daerah blitar.
namun sekarang jarang sekali pagelaran wayang orang di adakan, di karenakan era yang sudah berubah dan masyarakat pun akhirnya sudah mulai melupakan wayang orang.


MAKANAN KHAS BLITAR

Kalau pas ke kota Blitar, rasanya kurang enak kalau tidak merasakan makanan khas kota blitar dan juga jajanan nya, betul gak .....( betul betul betul ).
nah jika kalian bingung dan ingin merasakan makanan serta jajanan khas kota blitar, ayo para pembaca blog yang saya hormati, kita lihat apa-apa saja sih makanan dan jajanan kota blitar itu.

Nasi Pecel



Hayoo.... siapa yang ingat dengan makanan ini ?. Ya tepat sekali teman-teman, ini lah dia artis kita nasi uduk... ehh salah salah, maksud nya Nasi Pecel. Di blitar terdapat beberapa cabang yang membuka rumah makan khas blitar, Di Kota Blitar ada salah satu nama yang sudah terkenal menjual nasi pecel, yaitu Mbok Bari. Yang berpusat di Jl. Ir. Sukarno, tepatnya utara makam Proklamator Bung Karno di Blitar. ( PROMOSI )

Pecel Mbok Bari sudah buka cabang dimana-mana.

Untuk kota Blitar saja, yang sudah di ketahui dan sudah ku selidiki keberadaan nasi pecel Mbok Bari yaitu di : 
  1. Pecel Mbok Bari 1 : Utara makam Bung Karno.
  2. Pecel Mbok Bari 2 : Belakang BRI Jl. RA. Kartini Blitar
  3. Pecel Mbok Bari 3 : Jl. Sudanco Supriyadi.
  4. Pecel Mbok Bari 4 : Jl. A. Yani.
  5. pecel Mbok Bari 5 : Insya allah masih di bangun
Oh, ya ada lagi satu warung pecel yang istimewa, dikenal dengan Pecel BLEDHEG !!! Ini karena sambelnya terkenal pedas banget. Bagi yang suka pedas, Pecel Bledheg ini bisa menjadi pilihan pecinta pedas, yang Terletak disebelah barat area parkir PIPP, atau sebelah restoran and butiq Fresh.
Ayo !!!, tunggu apa lagi buruan beli Nasi pecel khas Kota blitar.












  





Wajik Kletik

Untuk kalian yang penasaran ini apa ?, apakah ini sejenin pisang baru ?, apakah ini molen ?. Kalian semua salah besar, ini namanya Wajik Kletik. Tapi tunggu dulu teman-teman, wajik kletik yang satu ini lebih enak dan juga lebih crispy ( walaupun saya sudah lupa rasa dan bentuk nya ). jajanan ini rasanya memang membahana, beda dengan yang lain nya. Maka dari itu teman-teman, bedakan Wajik Kletik khas Blitar dengan Wajik Kletik yang lainya.

Bagi yang mau resep nya dan ingin membuat Wajik Kletik dengan versi nya sendiri.

Resep Wajik Kletik


Bahan Resep Wajik Kletik: 

  • 500 gr beras ketan 
  • 200 gr gula pasir 
  • 1 btr telur 
  • ½ btr kelapa, parut 

Cara membuat Wajik Kletik:

  • Cuci bersih beras ketan, lalu masak setengah matang (aron) 
  • Rebus gula dengan 200 cc air hingga gula larut dan mendidih. Masukan kelapa parut, aduk terus diatas api sedang 
  • Jika sudah kelihatan berminyak, masukan beras aron dan telur, aduk rata hingga matang. Angkat dan cetak sesuai selera 
  • Atur diatas tampah yang dialasi dengan daun pisang. Jemur seharian sambil dibolak balik 
  • Untuk menjaga kebersihanya tutup dengan penutup makanan berbentuk anyaman
 Nah bagaimana teman-teman semua nya, ingin buat sendiri silahkan, Ingin beli sendiri juga silahkan.

CIRI KHAS KOTA BLITAR

Nah teman-teman sekalian, kita tadi kan sudah melihat Budaya Kota Blitar, Makanan dan Jajanan Khas Kota Blitar dan sekarang saya akan membahas tentang Ciri Khas Kota Blitar. Di setiap daerah pasti nya ada yang nama nya Ciri Khas nya masing-masing, begitu juga dengan Kota Blitar. Tidak usah basa-basi lagi, langsung saja kita "kita...?? Loe aja kali !!!" lihat, apa-apa saja yang ada di Kota Blitar.

Makam Bung Karno

Inilah dia sang Proklamator kita, BUNG KARNO.......... !!!!!. Beliau ini adalah pahlawan saya. ( bukan yang lagi nabur bunga ya ) Beliau adalah pahlawan yang membawa kemerdekaan Indonesia.
Maka dari itu Blitar memiliki banyak cerita yang begitu heroik bagi guru bangsa ini. Soekarno, Presiden pertama Indonesia ini merupakan warga asli Blitar.Hingga saat ini masih banyak wisatawan yang berkunjung ke Makam Bung Karno yang berada di Jalan Kalasan no. 1 Blitar. Saat kalian memasuki wilayah jalan utama di Makam Bung karno ini kalian akan menemukan sebuah gapura Agung yang menghadap ke selatan yang berhadapan dengan Cungkup Makam Bung Karno berbentuk bangunan Joglo, yaitu bentuk seni bangunan jawa yang sudah dikenal sejak dahulu. 
Untuk memasuki wilayah Pemakaman Bung karno, Jalan nya sangat mudah. Dan sekarang sudah di bangun Perpustakaan, maka jika kalian ingin mengenang atau mengetahui bagaimana kehidupan heroik Bung Karno, kalian dapat singgah di Kompleks Makam Bung karno.

Sekian dari saya, jika ada tutur kata maupun sesuatu yang salah di mata anda, tolong di maafkan karena manusia tidak ada yang sempurna.

Sumber 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar